Contoh Forward Action pada Java Web

Friday 1 April 2016
Kali ini saya akan menggabungkan tugas pada minggu sebelumnya (tentang perhitungan bilangan prima dan fibonacci) dengan Forward action dengan menggunakan Netbeans IDE 8.0 , namun sebelumnya apa itu Forward Action pada java web? forward action digunakan untuk mentransfer kontrol pada sebuah halaman jsp ke halaman lain pada server lokal, jadi intinya kita akan memindahkan halaman yang kita tuju ke halaman awal, cara penulisannya menggunakan tag : 

<jsp:forward="localurl" />

oke langsung saja perhatikan contoh berikut :

  • Buat 3 file jsp dengan nama input.jsp, proses.jsp, prima.jsp.
input.jsp


proses.jsp


Perhatikan lingkaran merah, itu adalah id yang akan kita panggil untuk di forward ke halaman prima.jsp

prima.jsp


Untuk source code bilangan prima dan fibonacci sengaja saya cut karna kayanya fibonacci-nya masih salah :D yang akan saya tekankan hanya pada action forward saja, tapi dilain kesempatan saya akan coba untuk posting source code bilangan prima dan fibonacci kalo udah bener semuanya. :)

Oke mungkin dari penjelasan di atas kita sudah mendapatkan gambaran bagaimana hasil dari action forward. Selanjutnya Run File pada input.jsp

Kurang lebih seperti inilah hasilnya setelah program dijalankan :





Perhatikan pada address bar, jadi intinya kita mentransfer halaman prima.jsp ke proses.jsp.
Sekian semoga bermanfaat, 

NB: 
Saya masih belajar java web jadi kalo banyak salah jangan dibully ya :D lebih baik kita diskusikan di kolom komentar. :)

Terimakasih




No comments:

Post a Comment